VICOM TV BERSAMA SATRIO,M.A ” TAUBAT”

202 Lihat

TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU: Acara shooting ini di gelar pada Sabtu 3/4/2021 d studio utama Barelang TV Kabel Tanjungpinang Kepulauan Riau.Acara ini akan tayang pada Bulan Ramadhan dan di luar Ramadhan tahun 2021 M.

Cara Bertaubat

Mengenal Taubat Nasuha

Taubat nasuha merupakan proses taubat yang dilakukan secara bersungguh-sungguh, dengan niat, kebulatan tekad, dan berusaha menyempurnakannya dengan usaha memperbaiki diri. Taubat nasuha harus melalui proses atau keistiqomahan untuk bisa melakukannya. Sehingga, taubat nasuha tidak bisa diraih dalam waktu yang singkat.

Untuk bisa melakukan taubat nasuha yang baik dan benar, setiap muslim harus melalui beberapa tahapan. Adapun beberapa proses yang harus dilalui meliputi muhasabah atau evaluasi diri, mengakui kesalahan diri, melakukan perbaikan diri, dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain itu, setiap muslim yang ingin bertaubat, dianjurkan untuk melaksanakan salat taubat.

 Cara Salat Taubat Nasuha

Shalat taubat merupakan salah satu jenis salat sunnah yang dilakukan untuk memohon ampunan Allah SWT, dari segala dosa perbuatan semasa hidup. Setiap muslim yang melaksanakan salat taubat nasuha, sudah semestinya untuk tidak mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Adapun anjuran untuk melaksanakan taubat nasuha ini terkandung dalam dalah satu surah Alquran, yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim ayat 8).

Berdasarkan ayat di atas, dapat dipahami bahwa manusia yang baik di hadapan Allah bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah, namun mereka yang segera bertaubat setelah melakukan kesalahan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *