Semester 5

80 Lihat
1.  Arab Melayu adalah tulisan yang menggunakan aksara atau huruf Arab ( Hijaiyah ) dengan bahasa Melayu. Huruf huruf Arab dengan bahasa Melayu adalah Arab Melayu.
2. Sejarah aksara Arab Melayu dimulai saat Islam masuk ke Nusantara, lalu masyarakat Nusantara berkeinginan dan bermaksud untuk memahami Al-Qur’an yang mana bahasanya adalah bahasa Arab dan akhirnya masyarakat mulai menulis Arab, pada saat itu lah aksara Arab Melayu mulai ada.
3. Pengetahuan dasar dalam mempelajari huruf Jawi adalah mengetahui huruf Jawi terlebih dahulu terdapat 29 huruf dengan 5 huruf bukan dari huruf Arab melainkan huruf yang di ciptakan oleh orang Melayu, kemudian mengetahui tata cara menulis Arab atau huruf huruf tersebut dan membacanya.
4. Perkembangan Arab Melayu dimulai saat para ulama atau pendakwah yang menyebarkan dengan cara tertulis yang mana tulisnya dengan huruf Arab dan bahasa Melayu, dan terdapat peninggalan-peninggalan yaitu berupa karya yang bertulisan Arab Melayu, seperti yang ada di kepulauan Riau ini contoh nya gurindam 12 yaitu menggunakan bahasa Melayu dan huruf Arab.
5. Literasi Arab Melayu merupakan tulisan Arab namun dengan proses yang cukup panjang penggunaan nya bukan lah bahasa Arab tetapi dengan bahasa Melayu. Literasi adalah kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara, sehingga literasi Arab Melayu ini menghasilkan banyak karya-karya seperti tulisan dan lain lain dengan menggunakan tulisan Arab dan bahasa Melayu.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *