AJARAN TASAWUF : Pengertian, Sejarah, Jemunculan Dan Dalilnya

138 Lihat

Goldziher mengatakan, bahwa tasawuf sebagai salah satu warisan ajaran dari berbagai agama dan kepercayaan yang mendahului dan bersentuhan dengan Islam. Bahkan berpendapat bahwa beberapa ide Al-Qur’an juga merupakan hasil pengolahan ideologi agama dan kepercayaan lain.Unsur agama dan kepercayaan lain selain Islam itu adalah unsur pengaruh dari agama Nasrani, Hindu-Budha, Yunani dan Persia. Untuk selanjutnya ada juga teori yang mengatakan bahwa tasawuf juga dipengaruhi oleh unsur Yunania.

adapun sejarah perkembangan ilmu tasawuf  : (1) masa pembentukan (2) masa pengembangan (3) masa konsolidasi (4) masa falasfi (5) masa pemurnian.

pada hakikatnya seorang ahli tasawuf islam tunduk pada agamanya , melaksanakan ibadah -ibadah yang diperintahkan, iman itu diyakini dalam hati, menghadap selalu kepada Allah swt, memikirkan selalu sifat dan tanda kekuasaan Allah swt.

tasawuf juga merupakan upaya atau jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui proses dan cara tertentu agar mendapatkan kebahagiaan batin sehingga menghiasi diri dengan akhlakul karimah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *