tugas akhir fikri ajie 181006

148 Lihat

Nama:muhammad fikri ajie

Nim   :18.1006

Semester 5

 

1.Saudara Jelaskan Pengertian Arab Melayu

2.Saudara Jelaskan Sejarah Aksara Arab Melayu di Indonesia

3.Saudara Jelaskan Pengetahuan Dasar Dalam mempelajari huruf Jawi

4.Jelaskan Perkembangan  Aksara Arab Melayu di Indonesia

5.Sdra jelaskan literasi Arab Melayu

 

jawaban

 

1.Arab-Melayu adalah tulisan yang menggunakan aksara/huruf Arab (hijaiyah) dengan bahasa Melayu.

 

2.pada kisaran abad 16 dan 17 bahasa melayu sebagai lingua franca atau sebagai bahasa pengantar pada kehidupan sehari-hari di Nusantara.

 

Pada abad tersebut islam juga telah tersebar luas diwilayah Nusantara.

 

Pengaruh arab juga kentara pada saat itu sehingga berpengaruh terhadap keberaksaraan di Nusantara.

Waktu itu setiap aktivitas masyarakat misalnya saat berdagang ingin membuat kwitansi, surat menyurat, korespendensi dan lain sebagainya telah menggunakan aksara Arab Melayu.

 

Bahkan ada beberapa karya tulis sastra hindu budha ada yang menggunakan aksara arab melayu.

 

3Pengetahuan yang harus dimiliki dalam menulis dan membaca tulisan huruf Jawi ialah mengetahui semua kaedah atau tata cara menulis dan membaca tulisan huruf Jawi, diantaranya yang terpenting adalah : mengenal dan mampu menuliskan aksara Jawi dalam semua bentuk perubahannya, yaitu huruf yang berdiri sendiri, berada di awal kata, di tengah kata dan di akhir kata. Untuk lebih jelas dapat dilihat di bawah ini:

Akhir kata Tengah kata Awal kata Sendiri Latin

ا ا ا ا A ب ب ب Bث ث ث ُث Cد د د د D

فاف تف ؤفيفي ف Fجوك رو كى كا رو غ ك G ح H ئ I

ج J ك Kل Lم Mن Nف Pك ق Q Kر R س Sت T

و W U ا ي Y Iز Zغ NGب NYس Sش SYث Sد D

ت Tذ Z

 

4.Dalam hubungannya dengan dunia Melayu, khususnya Indonesia, di tengah warisan kebudayaan Indonesia masa lalu, yang dapat ditelusuri melalui naskah-naskah menunjukkan kuatnya pengaruh bahasa dan tulisan Arab. Kekayaan naskah itu mempunyai dimensi dan makna yang jauh lebih luas. Karena merupakan hasil tradisi yang melibatkan berbagai keterampilan sikap budaya orang Indonesia. Berbagai sitem tulisan yang dipakai di Indonesia sepanjang sejarah, baik tulisan tipe India, Arab, dan Latin, masih kabur sejarahnya. Sebagai contoh, belum diketahui secara jelas sejarah perkembangan dan penyebaran tulisan Arab Melayu (Pegon dalam istilah Jawa dan Jawo menurut istilah Aceh). Salah satu bahasa lokal yang paling banyak menerima pengaruh bahasa Arab, khususnya pada peristilahan dan aksara, adalah bahasa Melayu, yang kemudian diangkat menjadi bahasa nasional (Indonesia, Malaysia, Brunei).

 

5.Kitab Jawi sudah ada sejak abad ke-17. Nuruddin al-Raniri (w.1658) dan Abdurrauf Singkel (w.1693) adalah dua dari banyak nama yang telah menghasilkan naskah-naskah Islam dalam tulisan Jawi. Keduanya tokoh penting dalam Kesultanan Aceh yang menduduki jabatan tertinggi dalam urusan agama, Syakh al-Islam. Jika Nuruddin menduduki jabatan tersebut pada masa Sultan Iskandar Tsani, Abdurrauf menempatinya pada masa empat Sultanah (Safiyat al-Din, Naqiyat al-Din, Zakiyat al-Din, dan Kamalat al-Din) yang memerintah 1641-1699 M

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *