Lailatul Qadar ( malam qadar )

99 Lihat

Nama:Siti syahrizan (201427)

Manajemen pendidikan Islam, semester 2, A2

Judul: Lailatul Qadar (malam qadar)

Firman Allah SWT di surah (Al-qadr ayat 1-3) yang artinya:”sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada 1000 bulan”(Al-qadr:1-3)

Maka dengan ayat-ayat tersebut teranglah bahwa apa yang dimaksud dengan kelebihan malam Qadar itu ialah ganda pahala amal ibadah pada malam itu lebih dari 29.500 ganda sebab ayat ini menerangkan bahwa orang yang beramal ibadah pada satu malam itu akan mendapat ganjaran lebih banyak daripada beramal ibadah 1000 bulan. Inilah yang dimaksud dengan kelebihan malam itu dari malam-malam yang lainnya, bukan seperti sangkaan kebanyakan orang, meminta kepada Allah tentang sesuatu yang kita inginkan.

*Ketentuan malam qadar*

Dalam menentukan malam Qadar itu timbul beberapa pendapat dari para ulama titik yang lebih kuat diantara pendapat-pendapat tadi ialah malam yang ganjil sesudah tanggal 20 Ramadan (malam 21 23 25, 27 ,29), Daniel lebih baik Mansyur ialah malam 27 Ramadhan.

Sabda Rasulullah Saw:

Dari Ibnu Umar ,”Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata “barangsiapa yang ingin menjumpai malam Qadar, hendaklah ia mencarinya pada malam 27.”(riwayat Ahmad dengan sanad yang shahih) . Rahasia malam Qadar tidak ditentukan, ya itu supaya orang bersungguh-sungguh beramal karena mengharap-harapkannya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *